1+ Jenis Jenis Grass Block

Jenis Jenis Grass BlockGrass block adalah produk beton precast yang berbentuk blok kecil dengan lubang-lubang untuk ditumbuhi rumput. Grass block digunakan sebagai perkerasan jalan atau halaman rumah yang ramah lingkungan dan ekonomis. Ada beberapa jenis grass block berdasarkan ukuran, model, dan proses pembuatannya, antara lain:

  • Grass block lubang 1. Grass block ini memiliki satu lubang besar di tengahnya. Ukurannya sekitar 40 x 40 x 6 cm dan isi per meter persegi sekitar 6,25 pcs.
  • Grass block lubang 2. Grass block ini memiliki dua lubang kecil di tengahnya. Ukurannya sekitar 40 x 40 x 6 cm dan isi per meter persegi sekitar 6,25 pcs
  • Grass block lubang 5. Grass block ini memiliki lima lubang kecil di tengahnya. Ukurannya sekitar 40 x 40 x 6 cm dan isi per meter persegi sekitar 6,25 pcs.
  • Grass block lubang 8. Grass block ini memiliki delapan lubang kecil di tengahnya. Ukurannya sekitar 45 x 30 x 6 cm atau 45 x 30 x 8 cm dan isi per meter persegi sekitar 7,5 pcs.
  • Grass block manual. Grass block ini dibuat dengan cara ditekan dengan menggunakan tenaga manusia. Harganya lebih murah, tapi mutu dan kekuatannya lebih rendah. Cocok untuk area yang hanya dilalui oleh manusia, seperti taman atau trotoar.
  • Grass block press mesin. Grass block ini dibuat dengan menggunakan mesin press hidrolik atau vibrasi. Harganya lebih mahal, tapi mutu dan kekuatannya lebih tinggi. Cocok untuk area yang dilalui oleh kendaraan ringan, seperti carport atau parkir.
  • Baik, berikut ini adalah lanjutan dari cara pasang grass block:
  • Potong grass block jika perlu. Jika Anda menemukan area yang tidak cukup untuk menyusun grass block secara utuh, Anda bisa memotong grass block dengan menggunakan gergaji besi atau mesin potong. Pastikan Anda memotong grass block dengan hati-hati dan sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan.
  • Siram grass block dengan air. Setelah grass block tersusun rapi, Anda perlu menyiramnya dengan air untuk membuat campuran pasir dan semen mengeras dan menempel pada grass block. Siram grass block secara merata dan tidak terlalu banyak agar tidak mengikis campuran pasir dan semen.
  • Tanam rumput di lubang-lubang grass block. Anda bisa memilih jenis rumput yang sesuai dengan selera dan iklim Anda. Anda bisa menanam rumput dengan menggunakan biji rumput atau rumput gajah mini yang sudah siap tanam. Pastikan Anda menanam rumput dengan rapat dan merata di setiap lubang grass block.
  • Rawat rumput secara rutin. Anda perlu merawat rumput yang tumbuh di grass block dengan cara menyiram, memupuk, dan memotongnya secara rutin. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan dan keindahan rumput, serta mencegah rumput tumbuh terlalu tinggi dan liar.
  • Grass block memiliki beberapa manfaat, antara lain:
  • Membantu proses penyerapan air ke dalam tanah. Grass block memiliki lubang-lubang yang bisa ditanami rumput, sehingga air bisa langsung diserap ke dalam tanah tanpa terhalang oleh beton. Hal ini bisa mencegah genangan air dan menjaga ketersediaan air tanah¹.
  • Lebih kuat dan tahan lama terhadap cuaca. Grass block terbuat dari bahan yang tidak mudah keropos atau pecah karena hujan atau panas. Grass block juga memiliki ruang udara untuk air masuk ke dalamnya, sehingga tidak mudah mengalami pemuaian atau penyusutan².
  • Lingkungan menjadi lebih asri. Grass block menampilkan kesan hijau atau asri pada area yang dipasangnya, karena adanya rumput yang tumbuh di sela-sela grass block. Rumput juga bisa memberikan kesegaran dan kenyamanan bagi mata dan kaki.
  • Mempermudah masuknya kendaraan. Grass block bisa digunakan untuk carport atau area parkir yang dilalui oleh kendaraan ringan. Grass block bisa menahan kendaraan agar tidak mudah terpeleset karena adanya beton yang bersifat keras.
Jenis jenis Grass block
Jenis jenis Grass block

Cara Merawat Jenis Jenis Grass Block

Berikut ini adalah beberapa cara merawat Jenis Jenis Grass Block

  • Menyiram grass block secara rutin. Anda perlu menyiram grass block dengan air untuk menjaga kelembaban dan kesehatan rumput yang tumbuh di lubang-lubang grass block. Anda bisa menyiram grass block setiap hari atau sesuai dengan kondisi cuaca dan iklim
  • Memotong rumput yang terlalu tinggi. Anda perlu memotong rumput yang tumbuh di grass block jika sudah terlihat terlalu tinggi atau liar. Hal ini bertujuan untuk menjaga keindahan dan kerapian grass block, serta mencegah rumput mengganggu kendaraan atau pejalan kaki.
  • Memupuk rumput secara berkala. Anda perlu memupuk rumput yang tumbuh di grass block dengan pupuk organik atau anorganik yang sesuai dengan jenis rumput yang Anda tanam. Hal ini bertujuan untuk memberikan nutrisi dan meningkatkan pertumbuhan rumput.
  • Membersihkan grass block dari kotoran atau sampah. Anda perlu membersihkan grass block dari kotoran atau sampah yang menempel atau terjebak di lubang-lubang grass block. Hal ini bertujuan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan grass block, serta mencegah penyakit atau hama.
    Anda bisa membeli grass block di beberapa tempat, antara lain:
  • Toko online. Anda bisa mencari grass block di situs-situs jual beli online seperti Tokopedia¹, Bukalapak, Shopee, dan lain-lain. Anda bisa memilih grass block yang sesuai dengan ukuran, model, dan harga yang Anda inginkan. Anda juga bisa melihat ulasan dan rating dari penjual dan pembeli sebelumnya.
  • Pabrik grass block. Anda bisa langsung menghubungi pabrik grass block yang berlokasi di dekat Anda. Beberapa pabrik grass block yang terkenal adalah Asiacon², Hella Block, Bintang Timbul, dan lain-lain. Anda bisa mendapatkan grass block dengan kualitas terjamin dan harga bersaing dari pabrik-pabrik tersebut.
  • Toko material bangunan. Anda bisa mencari grass block di toko-toko material bangunan yang menjual berbagai macam produk beton precast. Anda bisa melihat langsung kondisi dan kualitas grass block yang dijual di toko-toko tersebut. Anda juga bisa menanyakan informasi lebih lanjut tentang grass block kepada penjualnya.

Di mana saya bisa membeli Jenis Jenis Grass Block?

Anda bisa membeli grass block di beberapa tempat, antara lain:

  • Toko online. Anda bisa mencari grass block di situs-situs jual beli online seperti Tokopedia¹, Bukalapak, Shopee, dan lain-lain. Anda bisa memilih grass block yang sesuai dengan ukuran, model, dan harga yang Anda inginkan. Anda juga bisa melihat ulasan dan rating dari penjual dan pembeli sebelumnya.
  • Pabrik grass block. Anda bisa langsung menghubungi pabrik grass block yang berlokasi di dekat Anda. Beberapa pabrik grass block yang terkenal adalah Thetaindomarga Sukses Makmur. Anda bisa mendapatkan grass block dengan kualitas terjamin dan harga bersaing dari pabrik-pabrik tersebut.(order Disini)
  • Toko material bangunan. Anda bisa mencari grass block di toko-toko material bangunan yang menjual berbagai macam produk beton precast. Anda bisa melihat langsung kondisi dan kualitas Jenis Jenis Grass Block yang dijual di toko-toko tersebut. Anda juga bisa menanyakan informasi lebih lanjut tentang grass block kepada penjualnya.

Pabrik Grass Block Terbesar Di Bekasi

Workshop kami ber alamat : Jl. Buwek Raya No.19, Sumberjaya, Kec. Tambun Sel., Kabupaten Bekasi, Jawa Barat 17510

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *